Life Journal

SUSI New Media and Journalism – BSU 2012


Sebelum membaca tulisan ini, anda saya sarankan membaca note ini dulu –> klik

Kenapa? Karena tulisan itu adalah alasan dari maha alasan mengapa sekarang anda bisa membaca tulisan ini.

Note Mbak Mirah Mahaswari ini sudah 2 tahun ada di bookmark favorite saya, nongol di urutan pertama broswser tiap kali launch Chrome. Simpel judulnya, “jadi, sudah ‘jalan-jalan’ kemana saja selama ini?”

Tapi efeknya luar biasa. Setiap membaca pertanyaan itu dalam hati, saya malu karena nggak bisa jawab.

Tiga kali ketok palu, akhirnya mulailah perjalanan saya ngikutin jejak dia. Daftar SUSI tahun sebelumnya ditolak, daftar NUS semester kemaren ditolak juga.Β  Bahkan sampe dihapal sama orang KUI karena paling bebal apply. Fukoka 2x ditolak. Total Summer School, administrasi lolos, FGD lolos, interview tet tot. Sama kayak IELSP juga. CNU ditolak. Saya mulai berjuang buat dapet beasiswa ke luar itu mulai semester 2. Baru kesampean pas semester 6.

Capek? Haha. Nggak usahΒ  ditanya deh berapa kali saya down lebih parah dari orang patah hati gara-gara ditolak. Tapi keras kepala emang kadang perlu sih. Saya nggak mau berhenti sebelum bisa jawab itu pertanyaan di notenya Mbak Mirah.

Inget banget waktu itu, pas dikasih kabar keterima SUSI, langsung loncat2 tereak2 di toilet kampus. Beberapa anak tingkat bawah yang lagi di toilet pas itu langsung nyingkir, ngirain ada orang kesurupan kali. Nggak peduli. Pas itu pengen sujud syukur, tapi ya kali, di toilet. Akhirnya telfon ibu ayah dulu, lari meluk sahabat2 saya, dan langsung sholat. Nangis diem-diem disana. Seminggu kemudian, dapet email dari NUS bahwa saya keterima beasiswa TF LEaRN buat study 1 semester right after pulang dari Amerika. Acceptance letternya keluar berapa hari kemudian keluar, 23 April, pas ulang tahun saya. Alhamdulillah. Udah nggak tau lagi mau ngomong apa sangking senengnya. Nangis lagi. Padahal tahun kemaren saya juga nangis karena ditolak dua beasiswa yang sama. Bener kata Andrea Hirata, Tuhan tau tapi menunggu.

Pelajaran yang saya dapet. Orang berhasil itu ada 2 tipe: satu, orang yang niat. Dua,orang yang bener-bener niat.

Dari jaman Kapitan Pattimura masih balita ya, udah ada tuh wisdom-wisdom yang nyuruh kita nulisin cita-cita, terus ditempel di dinding kamar lah atau dibawa kemana-mana di dompet lah, atau apa gitu. Saya jujur ngebookmark note Mbak Mirah dan diliatin tiap hari nggak ada maksud nurutin wisdom tua lho sebenernya. Iseng aja. Tapi isengnya niat. Dan waktu saya cerita ini ke orangnya, doi kaget. Dia nulis note juga iseng aja. Eh ternyata bisa bikin anak orang menggapai mimpinya begini. Karena itu saya mau iseng nulis juga, siapa tau bisa bikin orang yang iseng maen ke blog saya dan baca ini bisa ‘iseng’ melancong ke negeri paman sam juga.

Shofisme 5 minggu ke depan akan penuh dengan tema ‘SUSI New Media and Journalism’. Semoga bisa curi-curi waktu buat ngeblog ditengah-tengah jadwal padat begini. πŸ˜‰

Baiklah, mari kita mulai dengan apa itu SUSI? Percayalah dia tidak ada hubungannya dengan Sule maupun badminton. Kalaupun ada hubungannya ya tolong dianggap masa lalu aja. Cukup. *coret-coret tanah*

Oke! Jadi….

Study of U. S. Institute (SUSI) ini adalah short program dari Kedutaan Amerika Serikat untuk mahasiswa-mahasiswa sedunia. Tema dan negara partisipannya berbeda-beda. Yang saya ikuti kali ini adalah SUSI on New Media and Journalism 2012. Dihost oleh Ball State University, Muncie, Indiana. Durasinya 5 minggu. Mulai dari 23 Juni-31 Juli. Ada 20 orang dalam grup untuk program ini. 8 orang dari Indonesia, 6 orang dari Filipina, dan 6 orang lagi dari Malaysia.

Sebagai anak komunikasi saya merasa sangat beruntung dapat kesempatan ini. Kami akan belajar tentang media di kampus yang oke banget. Diajar oleh profesor-profesor yang expert di bidang media, jurnalistik, broadcast, editing, dan sebagainya. Praktek langsung dengan fasilitas kampus yang, menurut cerita dari alumni, oke banget. Dapet sesi kuliah bareng praktisi dari media kayak New York Times dan Voice of America di kantornya langsung. Serta berkunjung ke tempat-tempat sejarah di Kentucky, Gettysburg, New York, sama Washington DC. Dan buanyaaaak lagi.

Ini bakal jadi pengalaman yang menyenangkan.

Bismillah. I’m ready. πŸ˜€

Advertisements
Standard

6 thoughts on “SUSI New Media and Journalism – BSU 2012

    • biasanya akan dibalas beserta formulir pendaftarannya juga, Ananda.. buka pendaftaran emang sekitar bulan november gitu. akhir bulan ini kirim email lagi aja ke consulte. good luck ya! πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s