Inner Thought

Inspirasi



Kata orang inspirasi itu mahal.

Kataku, inspirasi itu cuma seharga iced oreo-coffee dan musik akustik. Karena dari satu sudut kafe yang dingin ini, aku bisa sembunyi-sembunyi menontonmu seperti siaran langsung sepakbola.

Sore tadi aku berkata pada seorang kawan, “Kebebasan adalah kekuasaan memilih. Keberanian untuk bernyanyi keras di ruangan yang cuma ramai dengan ketikan dan ketukan di keyboard laptop. Nyali untuk dipelototi. Nekad untuk melototin balik.”

Kawanku tadi mengangguk-angguk.

Lucu. Karena saat ini justru kebebasanku bernilai 0. Seperti pembagian tidak terhingga bilangan algoritma yang sedang kamu bicarakan satu hasta di depanku. Seperti goresan pena dan kertas-kertas kusut yang kamu buang di lantai. Terpaku di kursi ini sudah beberapa jam. Kebebasanku, ku tukar dengan inspirasi saat merekammu lewat tulisan.

Ada suatu masa dimana kita melihat dunia lewat kacamata drama. Inginnya yang sempurna. Ada putri. Ada pangeran. Ada penyihir jahat. Ada peri dan kurcaci. Ada petualangan dan akhir yang manis.

Lalu ada suatu masa dimana kita melihat dunia sekedar apa adanya. Sekedar bertemu seseorang satu kali dan cukup puas bertahan menontonnya mengerjakan hibridasi matematika dan fisika berjam-jam. Cukup puas tersenyum geli di belakang punggungnya. Karena aku dan dia sekarang sama-sama sedang bercumbu dengan angka. Sampai lupa bertukar kata.

Karena itu, karena itulah aku tidak bermimpi yang macam-macam. Apalagi memelihara orang lain dalam pikiran. Karena hidupku, adalah satu-satunya yang tidak asing. Adalah satu-satunya yang pantas tumbuh dan bernafas. Bebas.

Kali ini kebebasan itu kuartikan dengan menulismu, seseorang yang sama sekali asing. Hanya agar kau bertahan lama di kertas, bukan memori.

Kosmik, terimakasih.
Ternyata inspirasi tidaklah mahal.
Advertisements
Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s