Inner Thought

As-Syamsyi. Matahari.


“…saya malu dengan diri saya. puluhan buku saya baca dengan semangat, saya telaah, resapi, dan maknai dengan sungguh-sungguh sampai hapal esensi bahkan kata per katanya. saya malu merasa bangga dengan pengetahuan. saya malu merasa nyaman berimajinasi dengan fiksi. padahal kitab suci agama saya pun saya jarang melirik. padahal untuk menelaah ajaran dan ajakan kebenaran pun saya jarang tertarik…”

 
__________________________
 
malam ini pas lagi twitteran aku nggak sengaja dapat link bagus dari seorang teman.
check it out: quran.com
situs ini menyediakan versi Al-Qur’an dalam berbagai bahasa dan tafsir. awalnya aku pikir yah kayak software Qur’an yang biasa. tapi pas aku buka, wow, keren sekali! kita bisa mengakses surat dan ayat dengan beberapa bahasa sekaligus, serta tafsir yang paling sesuai sama yang kita mau.
 
aku mulai baca-baca lagi.. ternyata dengan penyajian seperti ini sangat membantu dalam meresapi keindahan yang terkadung dalam Qur’an. mungkin selama ini kita didoktrin untuk membaca, bukan memaknai. dari kecil dibiasakan mengaji, kalau khatam diselamati, dibikinin kenduri, nah lalu? menurutku sih ini cuma sekedar pembiasaan agar tidak asing sama kitab suci, tapi pembiasaan ini, sayangnya nggak diikuti dengan pemahaman. banyak sekali contohnya teman2 yang dulu hafidz beberapa surat misalnya, yang udah khatam berkali-kali, tapi malah nggak ngerti sebenernya mereka ngaji itu untuk apa?
lucunya kita, umat Islam Indonesia, kadang membaca bahasa arab itu bahkan tanpa tau artinya. inilah yang membuat rasa cinta terhadap firman Allah ini malah terkikis oleh rasa cinta terhadap novel dan prosa yang lebih kita pahami artinya.
bukannya menggurui, aku cuma sedang menasehati diriku sendiri..
 
nah balik lagi ke situs tadi..
oh iya,aku suka banget sama surat As-Syamsi. Matahari. menurutku surat itu sangat puitis dan menyentuh.
Allah itu.. Maha romantis! 🙂
 
As-Syamsi (91: 1-10)
 
in English:
“By the sun and its brightness.
And [by] the moon when it follows it.
And [by] the day when it displays it.
And [by] the night when it covers it.
And [by] the sky and He who constructed it.
And [by] the earth and He who spread it.
And [by] the soul and He who proportioned it.
And inspired it [with discernment of] its wickedness and its righteousness,
He has succeeded who purifies it,
And he has failed who instills it [with corruption].”
 
in Frence:
“Par le soleil et par sa clarté !
Et par la lune quand elle le suit !
Et par le jour quand il l’éclaire !
Et par la nuit quand elle l’enveloppe !
Et par le ciel et Celui qui l’a construit !
Et par la terre et Celui qui l’a étendue !
Et par l’âme et Celui qui l’a harmonieusement façonnée;
et lui a alors inspiré son immoralité, de même que sa piété !
A réussi, certes celui qui la purifie.
Et est perdu, certes, celui qui la corrompt.”
 
in Bahasa:
“Demi matahari dan cahayanya di pagi hari,
dan bulan apabila mengiringinya,
dan siang apabila menampakkannya,
dan malam apabila menutupinya,
dan langit serta pembinaannya,
dan bumi serta penghamparannya,
dan jiwa serta penyempurnaannya (ciptaannya),
maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya.
sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu,
dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya.”
Advertisements
Standard

5 thoughts on “As-Syamsyi. Matahari.

  1. Lha..tu nyadar,,hahahaha*menghindari galon (koti),haha*Ku juga rindu kek jorang…di sini kan-kan e jarang,,cowok e dikit,,banyak yang 'ajaib' ulik,,hohohoho

  2. sof,, bukan hanya tu,, ayat yang bagus,, banyak bener bener banyakbahkan bise sampe nangis,, saking bagus edan menohok di kala futurdan bikin bahagia kalau ade janji tentang surgasudah saat e,, qt mengamalkan Alquran secara keseluruhan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s