Short Stories

Tentang Palsu


Sincerity? I can fake that. — Bill Clinton

Palsu adalah kesengajaan. Palsu adalah ketakutan yang disamarkan jadi kekuatan untuk mekanisme defensif. Palsu adalah selapis lagi avertebrata. Palsu adalah ketidakterusterangan. Umm,,tidak. Palsu adalah ketiadaan terang.

Tidak ada yang tak pernah palsu. Palsu yang konsisten berarti mempertahankan eksistensi. Palsu yang konsisten berarti siap kehilangan esensi. Palsu konsisten terkadang sudah mendekati makna keaslian itu sendiri, batasnya tipis. Palsu yang itu berarti belajar untuk mengadaptasikan nurani yang berontak terhadap jalan yang kau pilih versus egoisme untuk pencapaian. Palsu konsisten tingkat tinggi sudah berbentuk kepribadian yang konkret. Kepalsuan seperti ini berhasil mengintimidasi orang lain, mendominasi kerja maupun organisasi dengan ambisi, menjilat atasan dan mempolitikkan teman.

Ada juga palsu yang ambigu. Manusia palsu ambigu menyadari bahwa ia tidak suka sisi dirinya yang itu. Cuma ia tak tahu caranya berhenti pura-pura. Karena ketika ia berhenti, sama saja seperti orang lumpuh yang mematahkan kursi rodanya jadi berkeping-keping dengan sengaja. Palsu adalah cara mereka bertahan hidup. Kadang jika tak kuasa lagi bertahan dengan cara seperti itu, mereka limbung. Menggapai sisa-sisa hidup yang asli dan apa adanya.

Sebenarnya palsu itu rapuh. Palsu itu sakit. Palsu itu pahit. Ibarat lingkaran setan. Sekalinya kau buat, tak ada ujungnya. Tapi mengapa manusia tetap merevitalisasi kepalsuan? Karena kita butuh! Akuilah, terkadang kita butuh sesuatu yang ‘bukan kita’. Hanya untuk bertahan dalam siklus, hanya untuk menghindari atau malah menciptakan chaos, hanya untuk survive.

Bangunlah. Kita ini bagian dari kepalsuan hidup.

Advertisements
Standard

2 thoughts on “Tentang Palsu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s